All NEW CBR150R

Setelah cukup lama dibicarakan publik lewat rendering dan bocoran spyshot-nya, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor sport terbarunya Read More

New SONIC 150R

AHM meluncurkan varian motor tipe terbarunya bertajuk New Honda Sonic 150R. Melihat bentuknya, motor ini adalah suksesor dari versi-versi Honda Sonic yang sebelumnya Read More

Honda Scoopy eSP

Pasar otomotif indonesia sekarang ini sedang diramaikan adanya Motor berdesain klassik, atau juga bisa disebut dengan nama Retro. Desain ini sengaja di gunakan oleh honda untuk Read More

All New Honda BeAT eSP

Secara umum perbedaan mendasar dari dua jenis motor ini adalah fasad depannya. BeAT eSP lebih seperti matic biasa, dan varian POP eSp didesain lebih ciamik dengan Read More

Honda FORZA 150

Kehadiran Yamaha NMAX yang mampu merebut pasar 'skutik bongsor' menjadi 'tamparan' Astra Honda Motor (AHM). Padahal sebelumnya AHM lebih dulu menghadirkan PCX Read More

Supra X 150 Near Square

Honda sepertinya tak ada puasnya dengan produk-produk baru yang mereka keluarkan. Setelah New CB150 dan Sonic 150 , kini Honda kembali akan luncurkan kuda besi teranyar Read More

New HONDA REVO FI

Merupakan motor bebek terbaru Honda yang hadir dengan desain yang ramping plus garis bodi tajam. Wajah depan terlihat Read More

All New VARIO 150 ESP

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Vario 150 ESP pada tanggal 14 Januari 2015 lalu, dengan target pasar kelas menengah keatas. All new VARIO 150 ESP merupakan Read More

New CB150R

Menggunakan rangka standart motor sport dunia yaitu rangka Diamond Steel (Truss Frame), membuat Honda CB150R memiliki kestabilan tingkat tinggi Read More

****Terima Kasih atas kepercayaan anda pada ASTRA MOTOR***

Friday, March 11, 2016

Teknologi terbaru NEW CBR 150R

Teknologi terbaru NEW CBR 150R



Setelah cukup lama dibicarakan publik lewat rendering dan bocoran spyshot-nya, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor sport terbarunya pada 14 Februari 2016 kemarin. Dihadiri
oleh pebalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, All New Honda CBR150R resmi rilis di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat. Motor yang digadang-gadang bakal menjadi penantang berat Yamaha YZF-R15 ini mengusung tagline ’Total Control’, dimana PT AHM mengklaim untuk seluruh sektor motor sport 150cc terbarunya ini membawa perubahan yang cukup signifikan, baik dari segi sasis, mesin, hingga desain body yang kini tampil lebih baik dibandingkan Honda CBR150R seri terdahulu. Sebagai penerus DNA Honda CB yang sudah dibangun sejak tahun 1992, motor ini siap meramaikan segmen motor sport kelas medium yang diprediksi akan semakin sengit dalam beberapa tahun ke depan. Apalagi jika diamati secara mendetail, AHM tampaknya sudah benar-benar all-out dalam meracik All New Honda CBR150R hingga diklaim telah mendekati level sempurna.

Membawa desain tampilan baru, generasi baru motor sport Honda CBR150R ini datang dengan nuansa ‘racing look’ yang lebih kental. Dimulai pada desain headlamp yang dibuat lebih menyipit hingga menampakkan kesan agresif dan lebih garang. Begitupun pada sektor buritan, generasi baru CBR150R ini membawa desain yang lebih racing dan sporty dengan jok split yang dibuat lebih nungging. Bergerak pada bagian mesinnya, Honda CBR150R mengusung mesin yang masih yang masih satu platform dengan All New CB150R Streetfire dan meninggalkan mesin CBR150R versi lawas. Lewat mesin terbaru DOHC 4-valve berkapasitas 150cc yang dipadukan sistem transmisi 6 percepatan dan pendingin cairan, di atas kertas bisa dibilang performa Honda CBR150R cukup meningkat secara signifikan dengan tenaga sebesar 17,1 PS di putaran 9.000 rpm dan torsi 13,7 Nm di 7.000 rpm. Begitupun untuk fitur tambahan yang disematkan pada All New CBR150R juga lebih lengkap dengan peningkatan handling, sistem pembuangan bahan bakar EURO3, dan masih banyak lagi. Nah, semakin penasaran dengan detail motor sport terbaru lansiran pabrikan sayap mengepak ini? Simak ulasan lengkap Mas Sena mengenai spesifikasi dan harga Honda CBR150R pada segmen-segmen di bawah ini!

Spesifikasi Honda CBR150R

New CBR150R kali ini membawa desain yang benar-benar baru. Dirancang lebih tajam di bagian front crowl dan body belakang, kesan sporty langsung kentara CBR150R generasi baru ini. Untuk motor terbarunya ini, AHM memang mengejar desain yang lebih racing setelah menerima masukan dari konsumennya. Bahkan bisa dibilang untuk sektor tampilan, Honda CBR150R AHM telah melakukan perubahan besar-besaran alias major change. Mulai dari bagian lampu depan yang kini dibuat menyipit atau V-shape dengan teknologi LED, sekilas cukup mirip dengan desain lampu Honda CBR500RR. Sementara untuk bagian tangkinya juga sudah ideal, dengan dimensi yang tak terlalu besar ataupun kecil. Menarik melihat sektor jok pada Honda CBR150R ini, ternyata AHM benar-benar mempertimbangkan masukan publik dengan mengaplikasikan jok model split atau terpisah dengan model bertingkat. Begitupun untuk bagian belakang jok kini tak ada lagi handle grip, sehingga kesan sporty-nya lebih dapat. Sedangkan untuk sektor buritan Honda CBR150R, tampak sudah simetris dengan model LED Stoplamp yang dikaloborasikan dengan spakbor model gantung. Untuk impresi fisik terlihat bahwa CBR150R membawa model yang lebih ramping dengan karakter sporty lebih kuat jika dibandingkan seri lamanya, dimana untuk varian yang lawas terlihat lebih gambot dan kalem. So melihat desain pada spesifikasi Honda CBR150R secara keseluruhan, kali ini AHM telah melakukan lompatan jauh dengan mengejar tampilan fisik yang lebih ‘racing look’ dan berani.

Puas dengan desain tampilan yang ditawarkan spesifikasi Honda CBR150R, kali ini kita akan masuk ke segmen selanjutnya yaitu spesifikasi di bagian panel instrumen atau biasa disebut dengan speedometer. Layaknya motorsport high-end keluaran pabrikan besar, Honda CBR150R juga sudah membawa panel instrumen full digital di bagian konsol meternya. Membawa desain asimetris single cluster di bagian konsol meternya yang dibingkai dengan frame metalik, justru berhasil memperlihatkan kesan futuristik dan modern. Intsrumen panel pada Honda CBR150R yang terdiri dari speedometer, odometer, tripmeter, fuel meter dan lain-lain ini juga diracik dengan cukup informatif dan mudah dipantau dengan lampu latar berwarna biru. Pastinya datang dengan panel konsol serta kelengkapan instrumen yang dimilikinya, bisa jadi untuk sektor yang satu ini, spesifikasi Honda CBR150R sudah cukup ideal di kelasnya karena mampu menawarkan nilai lebih dan tingkat akurasi yang baik sebagai indikator berkendara.

New CBR150R memang sudah ideal untuk mengisi segmen motorsport kelas ringan. Dimana Honda CBR150R kali ini memiliki dimensi berupa panjang x lebar x tinggi = 1.983 x 694mm x 1.038 mm. Sedangkan untuk bobot kosongnya hanya berkisar 135 kg saja. Memiliki ground clearance 166 mm dan ketinggian jok 787 mm, motor ini mampu memberikan tingkat pengendalian yang baik. Begitupun untuk melesat di jalanan, Honda CBR150R dengan sasis barunya (Diamond Trust Frame) mampu memberikan tingkat handling yang lebih maksimal. Dengan dimensi lebih kompak dan ramping, bisa dikatakan All New CBR150R sangat asyik untuk diajak berkendara di jalan raya begitupun untuk riding jarak jauh. Selain itu, AHM juga sudah memastikan bahwa spesifikasi Honda CBR150R sangat cocok untuk kendaraan harian karena menawarkan tingkat pengendalian yang mudah plus dimensi fisik yang kini lebih ramping dan kompak.

AHM tak luput menyematkan piranti suspensi berkualitas untuk spesifikasi Honda CBR150R ini. Karena performa berkendara yang baik juga turut dipengaruhi oleh dukungan piranti suspensi yang cocok melibas jalanan Indonesia. Menyeimbangkan dengan spesifikasi dimensinya, All New CBR150R membawa komponen suspensi teleskopik untuk bagian depan dan suspensi belakang berupa monoshock (sistem Pro-Link). Kombinasi dua suspensi pada Honda CBR150R ini sudah disesuaikan untuk menghasilkan cornering atau sudut menikung yang lebih mantap. Apalagi jika melihat lebar lengan ayun yang melar 13 mm, membuat All New CBR150R menawarkan performa riding yang lebih baik dibandingkan generasi terdahulu. Beranjak untuk sektor pengereman, Honda CBR150R hadir dengan model pengereman khas motorsport 150cc yaitu rem cakram hidrolik bagian depan dan belakang. Terakhir sebagai media penggetrak, AHM juga telah mengupgrade bagian kaki-kaki dari CBR150R ini lewat velg model baru. Jika sebelumnya velg bermodel flat, maka kali ini spesifikasi Honda CBR150R membawa desain bercabang, yang menampilkan kesan dinamis dan cepat. Kedua velg berdiameter 17 inchi tersebut lantas dibalut dengan ban lebar berukuran 100/80-17 52P (Tubeless) di bagian depan dan 130/70-17 62P (Tubeless) di bagian belakang.

Untuk sektor mesin,New Honda CBR150R juga turut dipermak demi mengejar performa yang lebih gahar lagi. Mengusung mesin baru berupa mesin DOHC 4-Valve berkapasitas 150cc yang dipadukan sistem transmisi 6 percepatan dan pendingin cairan (Liquid Cooled with Auto Fan), All New CBR150R mampu menyemburkan tenaga sebesar 17,1 PS/9.000 rpm dan torsi 13,7 Nm/7.000 rpm. Mesin pada generasi baru Honda CBR150R ini merupakan generasi mesin baru dari Honda yang diracik dengan diimbangi efisiensi bahan bakar. Dengan model penyuplaian bahan bakar berpengabut PGM-FI (Injeksi) plus pemrograman khusus, Honda CBR150R diklaim memiliki konsumsi bahan bakar mencapai 39,72 km/jam. Tak hanya itu saja, mesin baru pada CBR150R ini telah mendapatkan settingan khusus yang mampu menyalurkan tenaga lebih dinamis, dimana torsi besar di awal tarikan sampai menengahnya lebih powerful. Sedangkan ketika digeber dalam putaran tinggi, Honda CBR150R juga terasa lebih galak berkat settingan engine mount bersudut 40 derajat dan pembesaran throttle body untuk efisiensi intake, serta rasio kompresi 11.3 : 1. Lewat mesin baru ini, ketika dilakukan test pada CBR150R juga dapat melaju dengan top-speed mencapai 130km/jam. Sehingga bisa dikatakan jika AHM telah berhasil merevolusi total mesin pada spesifikasi Honda CBR150R menjadi lebih cepat, tanpa mengesampingkan tingkat efisiensi bahan bakar.

Fitur penunjang yang ada pada All New CBR150R juga cukup lengkap. Mulai dari panel speedometer yang memiliki sapaan ‘See You’, sapaan ini mirip dengan ‘Hi Bro’ kepunyaan Yamaha V-Ixion Advance. Lalu kali ini Honda CBR150R juga sudah membawa moncong fairing yang lebih rendah sehingga bisa memastikan visibilitas pengendara lebih baik. Kemudian dengan teknologi efisiensi pada mesin barunya ini, All New CBR150R juga lolos uji emisi Euro3 berdasarkan pengetestan ECE R40, dimana dengan tangki bahan bakar berkapasitas 12 liternya Honda CBR150R mampu digeber sampai jarak 492,1 km. Kapasitas tangki BBM ini cukup meningkat jika dibandingkan dengan generasi lama yang meski memiliki kapasitas tangki 13,2 liter namun hanya bisa mencapai jarak 441,9 km saja. Secara keseluruhan, dengan pembaruan sasis, mesin, dan styling, spesifikasi Honda CBR150R generasi baru ini berhasil tampil lebih sporty, ringan, cepat, dan efisien dibandingkan generasi lawasnya.